Tips and Trik Jika Handphone Tiba-tiba Mati Dan Tidak Bisa Di Hidupkan Kembali


Ada kalanya saat kita sedang main handphone tiba-tiba hp kalian mati, biasanya mungkin karena kehabisan baterai dan itu masalah biasa.

Tetapi jika handphone kalian tiba-tiba mati entah itu karena kehabisan baterai atau tidak dan tidak bisa di hidupkan kembali, nah ini yang dinamakan masalah luar biasa.

Pastinya kalian akan bingung, sudah di pencet lama tombol power tetapi tetap tidak menyala, lalu mau di apakan handphonenya?

Apa mau di lembiru(lempar beli baru)?

Tetapi sayang hpnya masih mulus nih, dan duitnya buat beli baru juga belum ada.

Lalu bagaimana solusinya?
Tenang bro, karena kali ini saya akan membagikan artikel tentang Tips and Trik Jika Handphone Tiba-Tiba Mati Dan Tak Bisa Di hidupkan Kembali. Wajib untuk menyimaknya baik-baik ya bro, agar masalahmu dapat mudah teratasi.

Tips and Trik Jika Handphone Tiba-tiba Mati


1. Copot Baterai Lalu Pasang Lagi(jika hpmu baterai lepas)



Cara yang pertama dan yang paling mudah adalah dengan cara mencopot baterai handphone lalu memasangnya kembali, berharap juga handphone bisa hidup kembali.

Mungkin cara inilah yang paling mudah, bahkan para bocil-bocil awam juga pasti akan melakukan hal ini saat handphonenya mati dan tidak bisa di hidupkan kembali.

Note : Cara ini hanya di anjurkan untuk handphone dengan baterai lepas dan bukan baterai tanam, karena kalau kalian pakai hp baterai tanam(Non-Removable) cara ini bisa sangat beresiko.

2. Ganti Baterai Handphone Dengan Yang Baru



Cara yang kedua yaitu dengan mengganti baterai handphone kalian dengan yang baru, atau kalian juga bisa pinjam baterai hp teman untuk di coba di hp kalian, yang penting baterai dan modelnya harus sama.

Cara ini berguna untuk mengecek apakah yang bermasalah itu baterainya atau handphonenya. Tetapi jika sudah melakukan hal ini dan hasilnya masih sama saja handphone tidak bisa di hidupkan, maka beralih ke tips and trik yang ketiga.

Baca Juga : Cara Menjadikan Baterai Smartphone Menjadi Super Sehat

3. Di Charge Dengan Waktu Lama



Cobalah dengan cara mengecharge handphonenya dengan waktu yang cukup lama, kira-kira 1 sampai 2 jam cukup, gunanya untuk memancing daya baterai agar bisa hidup kembali.

Jika saat mengecharge handphone bisa hidup atau muncul logo baterai mengisi, kemungkinan masalahnya pada baterainya yang sangat kehabisan daya. Tetapi jika sudah kalian charge lama dan kalian mencoba untuk menghidupkan handphonenya namun masih tak bisa, mungkin kalian harus menggunakan cara yang keempat.

4. Flashing Handphone



Jika saat kalian hidupkan mentok di logo handphone dan sangat lama sekali, jika lama kalian biarkan seperti itu handphonenya malah jadi panas, hal tersebut biasa kita sebut dengan masalah handphone bootlop. Kemungkinan masalahnya pada handphonenya yang perlu untuk di flash.

Kegiatan flashing handphone dapat kalian lakukan dengan bantuan Laptop/PC, dengan menggunakan tools khusus flashing. Hal ini di lakukan untuk merefresh kembali handphonemu agar semua data yang menumpuk bisa hilang termasuk virus-virus yang mungkin menempel.

Saran saya jika ingin melakukan kegiatan flashing cobalah untuk membawanya ke tukang servis agar bisa lebih aman dan terhindar dari kegagalan flashing hp. Dan saya juga menyarankan agar file-file yang ada di handphone untuk di backup terlebih dahulu.

5. Di Charge Menggunakan Charge Desktop (Cas Kodok)



Cara lainnya yang mudah adalah dengan mengecharge baterai pada charge dekstop atau biasa kita sebut cas kodok.

Cara melakukannya mudah, kalian hanya perlu mencopot baterai dan pasang saja pada charge dekstop, perhatikan juga kutup (+) dan (-) pemasangannya harus benar. Cara ini hanya di anjurkan untuk pengguna handphone dengan baterai lepas.

Hal ini juga berfungsi untuk memancing daya baterai yang sebelumnya telah habis.

Baca Juga : Cara Mudah Charging HP Agar Tiga Kali Lebih Cepat Terisi

6. Factory Reset Menggunakan Recovery Mode



Jika cara-cara tersebut masih belum bisa, maka lakukan cara ini dengan manual, yaitu dengan factory reset menggunakan recovery mode.

Mungkin cara ini bisa mengatasi masalah handphone yang mati tanpa membawanya ke tukang servis karena cara ini dapat kita lakukan dengan manual.

Caranya yaitu dengan menekan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan, tekan lama sampai handphone getar dan keluar menu pilihan. Selanjutnya pilih saja Wipe Data/Factory Reset dengan menggunakan tombol volume untuk bergeser dan tombol power untuk memilih.

Cara ini sebenarnya sama dengan mereset hp ke setelan pabrik(restart hp), namun cara ini kita lakukan dalam keadaan handphone mati.

7. Bawa Ke Tukang Servis Handphone


Jika semua cara tersebut sudah kalian praktekkan semua dan masih saja handphone tidak mau menyala, maka kalian bisa melakukan cara yang terakhir.

Yaitu dengan membawa handphone kalian ke tukang servis, dijamin handphone kalian akan langsung bisa hidup kembali, tetapi kalian ya..memang harus membayar uang servisan.

KESIMPULAN


Jika handphone kalian tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan kembali, maka kalian bisa mencoba cara-cara tersebut. Namun, jika cara tersebut sudah kalian lakukan semua dan hasilnya masih tidak bisa hidup handphonenya, ya sudah..lakukan saja cara yang terakhir yaitu dengan membawanya ke tukang servis.

Demikian artikel dari saya tentang Tips and Trik Jika Handphone Tiba-Tiba Mati Dan Tak Bisa Di hidupkan Kembali. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Related Posts

Post a Comment