Kegunaan Dan Kelebihan Email Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Sudah sejak dahulu kita sudah mengetahui bahwa saat mengirim pesan pasti menggunakan surat, dan sampai sekarang pun sama yaitu masih menggunakan surat.

Tetapi semakin berkembangnya jaman, dunia iptek telah mengubah semua itu, karena sekarang sudah di buatkan surat elektronik atau yang biasa kita sebut email, email ini sendiri di buat agar bisa memudahkan orang-orang dalam mengirim surat karena dengan email ini kalian bisa lebih cepat dalam mengirim surat. Serta biaya yang di keluarkannya juga sangat murah karena kita hanya perlu mempunyai koneksi internet dan kuota surat email akan langsung terkirim.

Kegunaan dan kelebihan email lainnya sebenarnya masih banyak lagi dan pada artikel kali ini saya akan membagikan informasinya tentang Kegunaan Dan Kelebihan Email Dalam Kehidupan Sehari-Hari, mari simak baik-baik kawanku.

Kegunaan Email Dalam Kehidupan Sehari-Hari


1. Untuk mengirim dan menerima pesan


Kegunaan yang utama adalah untuk mengirim dan menerima pesan, tetapi pada email terdapat kelebihan-kelebihan tersendiri dalam mengirim pesan yaitu terdapat lengkap pilihan untuk mengirim pesan maupun file, dan juga waktu pengirimannya sangat cepat.

2. Untuk mendaftarkan diri di media sosial


Kita juga dapat dengan mudah mendaftarkan diri di media sosial dengan sebuah email, sudah banyak sekali media sosial di luar sana yang merekomendasikan agar data diri kita diisi dengan email, itu semua di butuhkan agar pihak media sosial bisa dengan mudah menghubungi dan mengirim pesan notifikasi kepada kita.

Contoh saja pada media sosial facebook, instagram, twitter, pinterest, tumblr, dan lain-lain. Biasanya terdapat dua pilihan pendaftaran yaitu dengan nomor hp atau dengan email.

3. Untuk mendaftarkan diri di dalam Game


Membuat sebuah akun dalam game juga di perlukan sebuah email, contoh saja pada game Mobile Legends, Free Fire, PUBG, Clash of Clans dan lain-lain. Pada pendaftaran akun biasanya terdapat beberapa pilihan antara lain dengan menggunakan email atau akun sosmed, dari situlah email dapat kita manfaatkan.

4. Bisa juga untuk mendaftar di situs-situs Web di internet


Kegunaan email yang lainnya yaitu untuk mendaftarkan diri kita di situs-situs web di internet, contoh saja pada situs-situs web besar seperti Devianart, Shutterstock, Fiver, dan lain-lain.

Rata-rata situs-situs web besar merekomendasikan agar kita bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan email, agar pengiriman notif bisa lebih mudah dan cepat.

5. Sebagai promosi 


Email ternyata juga bisa di gunakan untuk ajang promosi, hal ini ternyata sudah sangat lama di gunakan para pembisnis dan sampai sekarang hal promosi menggunakan email masih di lakukan. Cara promosi dengan email ini di yakini sangat ampuh karena bisa tertarget dan bisa lebih cepat.

6. Sebagai Identitas 


Email juga bisa di gunakan sebagai identitas kita, hal ini bisa kita manfaat kan karena orang-orang akan tahu bahwa pemilik email itu adalah kalian. Dengan begitu orang-orang akan tahu dan akan lebih mudah untuk menghubungi si pemilik email karena sudah tahu identitas nya.

Baca Juga : Cara Mudah Dan Cepat Membuat Akun Gmail Di Handphone, Langsung Jadi !!

Selain kegunaannya yang sangat beragam, email juga mempunyai kelebihan-kelebihan yang menarik.

Kelebihan Email


1. Kecepatan Berkirim Yang Sangat Cepat


Email mempunyai kelebihan dalam pengirimannya yang sangat cepat dan mudah, di bandingkan dengan surat biasa yang di kirim melalui pos memang email lebih cepat. Itu karena email dikirim melalui jaringan internet yang bisa sampai dalam hitingan detik, sedangkan surat kertas biasa yang di kirim oleh pak pos, lebih lama karena pengirimannya memerlukan waktu perjalanan yang bahkan bisa sampai berhari-hari.

2. Sangat Mudah


Kelebihan email yang kedua yaitu sangat mudah, karena kita hanya memerlukan dua perantara yaitu perangkat pengirim bisa itu handphone ataupun Laptop/PC dan jaringan internat. Dengan dua perantara itu kita sudah bisa dengan mudah mengirim dan menerima email.

3. Bisa Mengirim Berbagai Macam File


Dalam email juga terdapat berbagai macam pilihan pengiriman, kita juga bisa mengirim sebuah gambar, file, atau pun video. Dalam email juga punya 15 GB penyimpanan yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file yang sekiranya penting.

4. Biaya Yang Murah


Biaya yang di keluarkan dalam penggunaan email juga sangat murah karena kita hanya membiayai koneksi internet kita dengan menggunakan kuota, di bandingkan dengan pengiriman surat biasa yang harganya lebih mahal dan harus menggunakan perantara pranko dalam biaya pengirimannya, harganya juga sebanding dengan jasa dengan berapa jauh surat itu di kirimkan.

5. Tersusun Rapi


Dalam pengiriman email juga sangat tersusun dengan baik karena dengan fitur-fiturnya kita bisa membuat email yang rapi dan profesional.Tampilan menunya juga sangat lengkap dan hal ini akan membuat kita lebih mudah dalam memilih surat.

6. Dijamin Aman


Isi surat yang ada di email juga sangat dijamin keamanannya. Dalam email tidak ada yang bisa membuka surat yang sudah terkirim karena dalam email kita harus memasukkan password  agar akun email kita dapat terbuka.

KESIMPULAN


Email mempunyai kegunaan yang beragam dan dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, kelebihan email ternyata juga sangat menarik. Sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Related Posts

Post a Comment