Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Tanam Pada Handphone

Foto oleh Tyler Lastovich dari Pexels

Zaman sudah semakin maju dan dunia teknologi juga sudah semakin berkembang, semuanya sudah di upgrade menjadi lebih baik.

Tak terkecuali pada teknologi pembuatan handphone zaman sekarang, semua nya sudah di upgrade menjadi lebih baik lebih lebar, lebih ringan, dan lebih cepat.

Pada handphone zaman sekarang sudah banyak yang menerapkan sistem baterai tanam, bahkan saya kira pada saat ini sudah tidak terdapat lagi produsen handphone yang memproduksi hp dengan baterai lepas.

Itu karena baterai jenis ini mempunyai banyak kelebihan, dan kali ini saya akan membagikan artikel tentang kelebihan dan kekurangan baterai tanam pada handphone.

Kelebihan Baterai Hp Non-Removable


1. Tampilannya Jadi Lebih Ramping


Penggunaan baterai tanam pada handphone bisa membuat body handphone jadi lebih ramping, itu karena pada baterai jenis ini modelnya yaitu langsung menempel dengan hp dan biasanya di buat seramping mungkin agar pengguna bisa lebih nyaman.

Dengan model hp yang ramping pastinya akan memudahkan kalian saat ingin memegangnya dan juga bisa sangat pas saat di kantong.

2. Akan Terhindar Dari Debu


Dengan penggunaan baterai tanam pada handphone juga dapat mencegah debu masuk ke dalam hp, itu karena pada handphone baterai tanam pasti model tutup belakangnya sangat di paskan dan juga sangat rapat, jangankan debu mau masuk, kita membukanya saja susah.

3. Membuka SIM Dengan Mudah


Kelebihan lainnya handphone dengan baterai tanam yaitu bisa dengan mudah saat membuka SIM, karena pada handphone dengan baterai tanam kita tak perlu membuka baterainya terlebih dahulu, kita hanya perlu membuka langsung SIM Cardnya yang biasanya terletak di samping handphone.

Namun, saat membuka SIM pada handphone dengan baterai tanam kita harus memerlukan pembuka SIM yang berbentuk seperti peniti itu lho...
Nah, jadi bisa ribet jika pembuka SIM itu hilang. Saran saya simpan saja pembuka SIM itu di belakang softcase hp agar aman.

4. Kualitas Baterai Lebih Baik


Dari segi kualitas, baterai jenis tanam(non-removable) memang lebih baik dari pada baterai lepas biasa.

Pada baterai tanam memang di desain se awet mungkin dan tahan banting, jadi jika kalian ingin hp dengan baterai yang awet dan kualitas yang baik pilihlah hp dengan baterai tanam yang pasti terjamin kualitasnya.

5. Lebih Tahan Terhadap Over Ngecharge


Buat kalian yang sering mengecharge saat malam hari dan terlanjur sampai pagi hari, memang hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan baterai. Namun jika kalian menggunakan handphone dengan baterai tanam kemungkinan hal itu akan bisa di minimalisir karena daya tahan baterai yang baik.

Baca Juga : Tips Charge Hp Dengan Cepat Dan Terbukti Baik

Pada handphone baterai tanam keluaran terbaru juga sudah banyak yang menggunakan teknologi charge akan berhenti mengisi jika baterai sudah 100%. Hal ini bisa di lihat dari handphone yang ada lampu natifikasinya, jika saat ngecharge biasanya lampu notifikasinya akan hidup dan jika sudah penuh lampunya akan mati, nah itu pertanda handphone telah menggunakan teknologi terbaru charge akan berhenti sendiri saat baterai sudah penuh.

Kekurangan Baterai Hp Non-Removable


1. Lebih Rumit Jika Ada Kerusakan


Dari semua kelebihan di atas, pasti ada kekurangannya. Kekurangan yang pertama yaitu bisa lebih rumit jika ada kerusakan pada baterai tanam hpmu.

Biasanya pada hp baterai lepas, masalah baterai rusak bisa mudah di atasi yaitu dengan membuka baterai lalu menggantinya dengan yang baru.

Tetapi pada hp baterai tanam, masalah baterai rusak bisa menjadi rumit karena susah untuk membukanya, biarpun kalian bisa membukanya juga harus sangat hati-hati karena banyak kabel yang mudah putus.

Solusi yang paling baik yaitu serviskan hp ke tukang servis hp. Itu karena membuka casing hp baterai tanam harus menggunakan teknik dan harus tau mana yang harus di perbaiki, jadi lebih baik kita lemparkan masalah ini pada ahlinya.

2. Lebih Cepat Panas


Pada beberapa kasus juga ada yang mengeluh tentang hp dengan baterai tanam itu lebih cepat panas.

Baca Juga : Cara Jitu Ini Dapat Mencegah Smartphone Cepat Panas

Hal ini bisa saja terjadi karena letak baterai tanam yang langsung menempel pada hp dan dekat dengan komponen-komponen hp, tetapi kalian tenang saja karena pada hp keluaran terbaru, sekarang sudah mempunyai teknologi mumpuni yang bisa membuat suhu handphone bisa tetap normal.

3. Lebih Repot Jika Hp Mati


Jika hp kalian tiba-tiba mati dan tak bisa di hidupkan, biasanya kalian akan mencopot baterainya lalu memasangnya dan menghidupkan hp kembali kan...?

Namun, pada hp baterai tanam hal itu tidak bisa kalian lakukan karena baterainya yang bersifat tanam, jadi jika hp kalian mati tiba-tiba saya sarankan untuk mencoba untuk di charge terlebih dahulu dan hidupkan kembali hpmu.

4. Susah Untuk Melepasnya


Kekurangan yang keempat yaitu susah untuk melepasnya, iyalah kan namanya baterai tanam jadi memang tidak di anjurkan untuk melepasnya.

" Tapi jika saya ingin mengganti baterai gimana dong? "

Ya, lebih baik janganlah . Tetapi jika tetap ingin untuk menggantinya lebih baik gantikan ke tukang servis hp saja agar bisa lebih aman.

5. Biaya Perbaikan Yang Mahal


Hal lain yang menjadi kekurangan dari baterai tanam adalah biaya perbaikannya yang mahal, karena perbaikan pada hp baterai tanam akan lebih rumit dan itulah yang menyebabkan biaya perbaikannya yang relatif lebih mahal dari hp baterai lepas biasa.

KESIMPULAN


Handphone dengan baterai tanam memang mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saya lebih suka handphone dengan baterai tanam karena kualitasnya yang lebih baik dan juga daya tahannya yang lebih awet.

Sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Related Posts

1 comment

Post a Comment