Cara Merawat Flashdisk Dengan Baik Dan Benar


Kalian menggunakan laptop atau komputer? Kalau iya, berarti kalian pasti tau apa itu Flashdisk, yaa...flashdisk adalah tempat penyimpanan eksternal yang bisa menyimpan data-data pentingmu. Biasanya flashdisk di gunakan pada perangkat laptop atau komputer, namun sekarang sudah bisa kok untuk hp, dengan cara menyambungkannya lewat OTG.

Namun, pada beberapa kasus ada yang mengeluh tentang flashdisk nya yang cepat rusak, error, dan tak bisa di gunakan lagi. Semua masalah itu memang bisa terjadi jika kalian tidak merawatnya dengan baik, maka dari itu kali ini saya memberitahu kalian cara merawat flashdisk dengan baik dan benar.

1.) Eject Sebelum Mencabut Flashdisk


Biasakanlah mengeject flashdisk terlebih dahulu sebelum mencabutnya, hal ini sangat di anjurkan agar data di flashdiskmu tidak hilang dan flashdisk pun jadi lebih awet. Cara meng eject flashdisk yaitu dengan mengklik folder/penyimpanan lalu pilih flashdisk yang ingin kamu keluarkan lalu klik kanan dan pilih eject, dengan begitu flashdisk akan lebih aman untuk di cabut.

2.) Simpan Di Tempat Teduh


Simpanlah flashdiskmu di tempat yang teduh, maksudnya adalah jangan menyimpannya di tempat yang panas ataupun yang terlalu dingin karena bisa merusak fungsi komponen di dalamnya.

3.) Selalu Scan Virus


Pada komputer atau laptop sering kali terdapat virus atau malware dan saat komputer itu sudah kena virus lalu kamu memasukkan flashdisk mu di situ, maka kemungkinan besar flashdiskmu akan terkena virus juga dan bisa mengakibatkan flashdisk jadi error dan rusak. Maka dari itu, ada baiknya kalian harus sering-sering scan virus pada perangkatmu dan juga flashdiskmu agar virus-virus itu tidak merusak datamu.

Baca Juga : Cara Ampuh Atasi Laptop yang Lemot Tanpa Ribet

4.) Hindarkan Dari Benturan


Usahakan hindarkan dari benturan agar tetap awet, contohnya hindarkan dari menjatuhkan flashdisk, karena jika itu terjadi dapat mengakibatkan komponen di dalamnya rusak dan bisa juga jadi error. Jaga flashdiskmu agar bisa lebih awet dan tidak error.

5.) Hindarkan Dari Air


Jangan sampai flashdiskmu terkena air yaa...bro, karena jika itu terjadi bisa-bisa komponennya jadi konslet dan rusak, data-data yang ada di dalamnya pun otomatis akan hilang.

6.) Hindarkan Dari Alat Elektronik Lainnya


Hindarkan flashdisk dari alat-alat elektronik lainnya, karena alat-alat tersebut mempunyai daya magnet yang sangat kuat, dan bisa berakibat rusaknya flasdisk yang kalian miliki.

7.) Selalu Backup Data


Jaga data-data penting yang ada di dalam flashdiskmu yaitu dengan cara backup data, hal ini dapat membuat flashdisk jadi lebih awet dan juga membuat datamu lebih aman.

8.) Jangan Sering Mengedit Langsung Di Flashdisk


Jangan sering-sering mengedit langsung data yang ada di flashdisk, karena flasdisk mempunyai batas edit yaitu sekitar 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus tulis. Dan usahakanlah jika ingin mengedit, copy dulu di komputer lalu baru di edit.

9.) Tutup Flashdisk Setelah Di Gunakan


Tutuplah flashdisk setelah kalian menggunakannya, hal ini sangat di anjurkan agar kepala flashdisk tidak kotor dan tetap bersih awet. Dan jika tutup flashdisk sudah terlanjur hilang, kalian bisa menyimpannya di tempat tertutup agar flashdisk tetap bersih.

Itulah beberapa cara merawat flashdisk dengan baik dan benar yang bisa kalian praktekkan agar flashdiskmu bisa lebih awet dan tidak mudah error, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga : 12 Masalah Pada Handphone Xiaomi/Redmi Dan Cara Mengatasinya Sampai Tuntas

Related Posts

Post a Comment