12 Masalah Pada Handphone Xiaomi/Redmi Dan Cara Mengatasinya Sampai Tuntas


Handphone Xiaomi adalah handphone yang saat ini sudah sangat populer dimana-mana, karena handphone xiaomi memiliki spesifikasi tinggi namun harganya cukup terjangkau.

Handphone buatan asli china ini memang sangat dikagumi oleh banyak orang, namun tidak sedikit pula yang tidak suka dengan handphone xiaomi ini karena adanya masalah-masalah yang terjadi pada handphone xiaomi itu, tetapi pada suatu masalah pastinya ada solusinya.

Dan pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi yang perlu untuk kalian semua ketahui, yaitu tentang masalah handphone xiaomi/redmi dan cara mengatasinya sampai tuntas, simak baik-baik yaa...kawanku.

1.) Munculnya Notifikasi Activation SIM Card


Masalah yang pertama yaitu munculnya notifikasi activation SIM card, kejadian ini memang bukan masalah yang besar, tetapi dengan munculnya notifikasi yang nongol di atas secara terus-menerus memang sangat menyebalkan. Padahal kartu yang kita pakai itu sudah aktif dan bahkan normal-normal saja saat di gunakan saat internetan.

Sebenarnya masalah ini adalah karena kalian belum verifikasi nomormu di MiTalk(Mi Account).
Untuk cara verifikasi nya sangatlah mudah, kalian tinggal buka saja websitenya di http://i.mi.com, lalu masukkan nomormu dan tunggu SMS verikasi.

2.) Baterai Yang Boros


Dari beberapa pengguna Handphone Xiaomi mengungkapkan bahwa handphone mereka tiba-tiba baterainya boros dan tiba-tiba juga baterainya normal, itu semua bisa di sebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor yang pertama mungkin karena sinkronasi email, GPS, Wifi dan bluetooth hp kalian mungkin slalu aktif, jadi akan lebih boros.

Faktor yang kedua mungkin karena baterai hp xiaomi kalian sudah bocor atau melembung, dan sudah rusak.

Faktor yang ketiga mungkin karena hp xiaomi kalian memang sudah berumur dan juga pasti baterai nya memang sudah agak ngedrop.

Namun, jika pada hp xiaomi kalian tidak terdapat tanda-tanda faktor seperti yang saya sebutkan di atas. tenang saja, karena saya akan memberikan solusi cara mengatasinya yaitu dengan cara.

- Jangan terlalu sering backup ke mi Account / Mi Cloud

- Jangan charge hp saat sedang di gunakan

- Usahakan saat nge charge hp dalam keadaan hp mati

- Kalian bisa mengganti baterai hp xiaomi kalian di konter" hp dekat rumahmu , saran saya usahakan ganti dengan yang ori agar bisa lebih awet dan jangan yang kapasitasnya lebih besar karena bisa merusak hpmu nanti.

Dengan cara-cara di atas insyaallah bisa mengatasi baterai hp xiaomi kalian yang boros.

3.) Hp Xiaomi Sering Ngelag Saat Main Game


Anak-anak zaman sekarang pasti sangat suka ngegame di handphone, dan handphone yang murah dan memiliki spesifikasi tinggi untuk ngegame yaa... memang xiaomi jagonya.

Namun, para pengguna hp xiaomi juga banyak yang mengeluh karena handphone yang mereka gunakan saat ngegame suka ngelag dan patah-patah, Sehingga banyak sekali yang kecewa.

Tenang saja kawan, karena pada artikel kali ini mas brow akan memberikan solusinya agar kalian bisa nge game dengan lancar tanpa halangan suatu apapun.

Yang pertama, pastikan kalian selalu membersihkan ruangan penyimpanan pada hp xiaomi kalian, agar peforma hp kalian tetap stabil.

Yang kedua, aktifkan saja fitur game turbo pada hp xiaomi kalian, biasanya pada versi MIUI 10 ke atas sudah terdapat fitur game turbo tersebut. Fitur ini memungkinkan kalian dapat bermain game dengan senyaman mungkin, bahkan kalian bisa memblock panggilan yang masuk.

Yang ketiga, dengan mengatur pada opsi pengembang dengan cara :
- aktifkan dulu mode pengembangnya
- lalu cari skala animasi, dan ubah semuanya menjadi 0,5x agar lebih cepat performa hpmu.
Di jamin berasa beda peforma hp xiaomi mu.
Settingan ini biasanya di pakai oleh para pemain game Free Fire.

Baca Juga :  Spesifikasi Dan Harga Hp Redmi Note 7 (RAM 3/4GB) Terlengkap

Dengan begitu dijamin dapat mengurangi rasa ngelag pada hp xiaomi mu dan juga membuat main game kalian jadi lancar jaya tanpa ada kendala suatu apapun.

4.) Tidak Terdapat Recovery Setting


Kejadian seperti ini biasanya terdapat pada handphone xiaomi buatan tahun 2015/2016 karena alasannya handphone xiaomi terbaru pada tahun itu telah di lock bootloader nya.

Solusinya adalah dengan cara meng-unlock bootloader nya, dengan cara melakukan permintaan unlock di situs resminya yaitu di : http://en.miui.com/unlock/
Dan ikuti saja langkah selanjutnya sampai selesai.

Setelah berhasil kalian unlock, langkah selanjutnya yaitu dengan memasang Recovery settingnya dengan Adb Command. Bahkan setelah itu, kalian juga bisa melakukan root pada handphone xiaomi mu.

5.) Tema Tiba-tiba Berubah Menjadi Bahasa Cina


Kejadian seperti ini biasanya terjadi setelah kalian melakukan flashing MIUI yang baru, memang terkadang terdapat beberapa masalah yang muncul, salah satu masalah tersebut adalah tema yang tiba-tiba berubah menjadi bahasa cina.

Dan solusinya adalah dengan mengapus data pada aplikasi tema handphone xiaomi kalian, insyaallah solusinya akan clear.

6.) Tema Error Atau Tidak Bisa Di Install


Pada beberapa handphone xiaomi memang biasanya mempunyai masalah Tema error atau tidak bisa di gunakan(di install), dan jika itu terjadi pasti akan ada rasa kecewa dan sebal di benak.

Baca Juga :  Spesifikasi Hp Xiaomi Redmi Note 8 Lengkap Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya

Maka dari itu semua itu harus di benahi, dengan cara buka pengaturan lalu cari aplikasi tema(themes), klik dan hapus data aplikasinya.
Tindakan ini memang bisa membuat unduhan tema yang kalian sudah koleksi jadi hilang, namun akan membuat tema kalian jadi bisa di gunakan lagi secara normal.

7.) Kontak WhatsApp Tidak Muncul


Kontak WhatsApp yang tidak muncul memang kadang-kadang terjadi pada beberapa perangkat xiaomi, itu semua terjadi karena kontak yang ada di handphone kalian tidak di beri izin, maka dari itu kalian harus membuka izin kontak WhatsApp di hp xiaomi mu.

Caranya yaitu dengan cara :
- buka pengaturan
- lalu cari perizinan
- pilih perizinan aplikasi
- pilih aplikasi WhatsApp
- dan centang perizinan kontak WhatsApp

8.) Tidak Bisa Menginstall Aplikasi Di Play Store


Terkadang juga pada suatu saat menginstall aplikasi di play store kadang terdapat masalah tidak bisa menginstall aplikasi. Atau pun terdapat notifikasi " memori sudah penuh harus menghapus aplikasi lainnya "

Solusinya yaitu dengan cara :

- hapus data aplikasi play store
- hapus data cache di handphone mu

Dengan begitu kalian akan bisa menginstall aplikasi lagi di play store dengan lancar.

9.) Tidak Bisa Menghapus File Di Kartu SD


Pada masalah ini biasanya kalian akan tak bisa memindahkan atau menghapus file di kartu SD, kadang memang terjadi saat adanya error pada kartu SD. Namun, kalian tidak usah bingung karena ada solusinya yaitu dengan cara :
- buka pengaturan
- lalu cari penyimpanan
- pilih kartu SD
- dan klik copot kartu SD
- setelah itu klik pasang kartu SD
- coba pindah/hapus filemu di kartu SD, jika itu belum bisa mungkin kalian mencopot kartu SD nya dari hp lalu pasang lagi.

10.) Play Store Yang Menghilang


Masalah seperti ini biasanya terjadi karena setelah mengupdate firmware baru di hp xiaomi. Untuk cara memunculkannya kembali kalian harus mendownload keperluan berikut :
- Buka dulu Mi Store
- Kemuadian download Google by Eric Xiang.
- Download juga Google Installer.
- Lalu download dan install Google Play Store.

11.) Kamera Yang Bermasalah


Pada beberapa perangkat hp xiaomi kejadian ini mungkin terjadi, apalagi yang hp xiaomi nya sudah berumur pasti akan lebih beresiko.

Mungkin bisa terjadi karena kesalahan sistem pada handphone atau bisa terjadi karena benturan atau terjatuh dan bisa juga karena setelah tercelup air.

Solusi pertama cara mengatasinya adalah :
- matikan dulu hp xiaomi mu dan hidupkan lagi, coba kameranya bisa atau enggak, jika tidak lanjut dengan...
- buka pengaturan
- cari aplikasi
- pilih kamera dan hapus data

Jika tak bisa terpaksa lakukan cara kedua yaitu dengan restart ke setelan pabrik, namun jika cara kedua tidak bisa, maka di pastikan kerusakan berada pada komponen kamera hp mu yang perlu untuk di serviskan.

12.) Notifikasi Di Hp Xiaomi Tidak Muncul


Notifikasi aplikasi memang terkadang tidak muncul seperti pada aplikasi Line, WhatsApp, Facebook dan yang lainnya. Itu semua karena notifikasi di aplikasi tersebut mungkin tidak di aktifkan.

Cara mengaktifkan nya yaitu :
- Buka Setelan
- Klik Aplikasi Terinstall
- Pilih Aplikasi yang ingin di aktifkan notifikasi nya
- aktifkan notifikasinya serta aktifkan juga pada suara, getar dan lampu notifikasinya.

Nah, setelah itu notifikasi pada aplikasi pasti akan muncul dengan normal.

Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, semoga kalian juga bisa mempraktekkan nya dan semoga juga semua tips dan solusi yang saya berikan bisa dapat mengatasi masalah yang ada pada hp xiaomi kalian semua, Terima kasih.

Related Posts

Post a Comment