Cara Ampuh Atasi Laptop yang Lemot Tanpa Ribet


Dalam perkembangan teknologi, berbagai macam bentuk benda yang bermanfaat, telah berhasil di buat dengan baik salah satunya yaitu komputer yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Namun, semakin berkembangnya zaman. Komputer yang semulanya besarnya seperti lemari, bisa di buat kecil seperti televisi. Dan semakin majunya teknologi pula, komputer pun bisa di ubah menjadi simple dan praktis yang di sebut laptop.

Sekarang, laptop memang sudah menjadi alat komunikasi yang telah banyak membantu pekerjaan manusia. Namun, adanya masalah dalam sebuah benda itu memang wajar. seperti halnya laptop, dalam pengoperasian laptop pasti kalian pernah mengalami masalah seperti lemot / lag. Namun, sekarang kalian bisa lebih tenang karena kali ini saya akan membagikan tips cara agar laptop tidak lemot.

1.) Bersihkanlah Desktop Laptop


Aplikasi yang terdapat di desktop merupakan salah satu masalah yang menjadikan kinerja laptop berkurang.

Dan hal itulah yang menjadikan laptop yang kalian miliki menjadi lemot. namun, jika kalian mempunyai laptop yang kapasitas RAM nya besar dan punya spek tinggi, pasti semua masalah tersebut tidaklah terlalu berpengaruh. Kecuali memang umur laptop anda sudah 5 tahun ke atas, memang hal seperti itu wajar di alami.

Pepatah mengatakan " Dalam Setiap Masalah Pasti Ada Solusi ". Begitu pula pada masalah lemot pada laptop, pasti ada solusinya yaitu dengan cara membersihkan aplikasi yang ada di desktop. Dengan membersihkan aplikasi yang kurang penting di desktop, pasti akan membuat kinerja laptop kalian menjadi lebih efisien.

2.) Bersihkanlah Aplikasi Di Startup


" Apa itu Aplikasi Di Startup Pada Laptop "

Aplikasi di startup adalah aplikasi yang masih berjalan di belakang yang masih terhubung datanya dengan memory RAM.

Dan Biasanya ketika kalian Melihat aplikasi di startup, pasti ada banyak aplikasi yang akan berjalan, aplikasi tersebut biasanya adalah adalah aplikasi yang penting, yang biasanya sering kalian gunakan seperti anti virus, program office dan lain-lain. Namun, jika kalian ingin kinerja laptop menjadi cepat dan tidak lemot, cobalah untuk menghentikan atau menjalankan aplikasi yang di startup secara intensif, agar kinerja perangkat laptop kalian menjadi lebih baik.

Maka dari itu, saya sarankan agar memilih aplikasi yang paling penting saja yang kalian jalankan di startup, agar laptop kalian tidak menjadi lemot.

3.) Install Aplikasi Yang Paling Penting Saja


Jika ingin laptop yang kalian gunakan tidak lemot. maka, janganlah kalian menginstall terlalu banyak aplikasi yang kurang penting, install saja aplikasi yang paling penting saja, Agar kinerja laptop semakin baik.

Ketika kalian banyak menginstall aplikasi, pasti yang terjadi adalah kalian lebih sering membuka aplikasi tersebut dan lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tak di gunakan lagi. Peristiwa tersebut pasti akan berdampak pada berkurangnya kinerja CPU yang membuatnya menjadi lebih cepat panas, dan juga berpengaruh pada kinerja RAM yang membuat laptop lemot.

4.) Rajinlah Scanning Virus Di Laptop


Aktivitas Scanning virus adalah perilaku mengecek keadaan virus, apakah ada virus yang berada di laptop kalian atau tidak ada. Kalian bisa melakukan scanning virus menggunakan program aplikasi seperti Smadav.

Aktivitas scanning virus merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali, karena virus yang telah menempel di sebuah perangkat laptop, dapat merusak kinerja RAM menjadi lemot dan berpengaruh terhadap kinerja penting komponen Seperti CPU yang berguna untuk mengontrol semua aktivitas yang di lakukan perangkat. Karena cobalah untuk rutin scanning virus agar perangkat laptop kalian dapat bekerja dengan baik.

5.) GunakanTambahan Netbook Cooler


Langkah yang kelima yaitu dengan menambahkan CPU cooler.

" Apa itu CPU Cooler? "

CPU Cooler merupakan alat yang berguna untuk mendinginkan CPU yang sedang panas agar menjadi lebih dingin.

Alat ini juga dapat membuat kinerja CPU menjadi lebih baik, dan membuat suhu pada perangkat laptop kalian menjadi turun. Yang dapat memungkinkan terhindar dari masalah kondisi laptop yang lemot. Kalian bisa memasang alat ini di bawah perangkat laptop dengan mudah sesuai aturan yang ada.

6.) Gunakan Thermal Paste Pada Prosesor


" Apa itu Thermal Paste? "

Thermal Paste yaitu suatu pasta yang bisa di oleskan pada prosesor dengan mudah.

Namun, dengan cara ini berarti kalian harus membuka tutup bawah perangkat laptop. Dan mulailah mengoleskannya pada prosesor laptop kalian, jika kalian tidak dapat membedakan yang mana prosesor dan yang mana yang tidak, kalian bisa membedakan dari bentuk dan tulisan yang tertera pada komponen laptop. Komponen prosesor umumnya berbentuk kotak persegi dan berwarna hitam, biasanya ada tulisannya yang menjelaskan bahwa perangkat tersebut adalah Prosesor.

7.) Tambahkan Kapasitas RAM


Cara ampuh yang berguna untuk memperbaiki perangkat laptop yang lemot yaitu dengan menambahkan kapasitas RAM.

" Bagaimana Cara Menambahkan Kapasitas RAM Pada Laptop? "

Caranya yaitu :


  •  Pertama buka dulu penutup RAM yang biasanya terletak di samping Battery.
  •  lalu beli memory RAM yang berkapasitas lebih besar dari sebelumnya, misalnya pada awalnya kapasitas RAM pada laptop kalian hanya 2 GB, lalu kalian harus membeli yang 4/6 GB agar lebih berpengaruh efeknya.
  • Langkah selanjutnya yaitu dengan mencopot RAM yang terdapat di laptop kalian dengan hati - hati agar tidak merusak RAM tersebut, karena RAM tersebut bisa juga kalian jual kembali agar tidak rugi...
  • Lalu Pasang sajalah RAM baru, yang telah kalian beli.
  • Rasakan Pengaruh apa yang terjadi setelah kalian mengganti memory RAM. Jika kalian takut salah jika mengganti RAM. serahkan pada ahlinya, jangan sampai kalian malah merusaknya.


Cara ini memang telah banyak di buktikan oleh pengguna laptop di dunia dan hasilnya pun memuaskan, jadi kalian ingin mencobanya silahkan saja! Itu terserah kalian.

Itulah berbagai cara mencegah dan menangani laptop lemot dengan mudah, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Related Posts

6 comments

  1. Bagus bangets gan triknya dan terbukti keadaan laptop saya setelah saya coba tiru triknya alhamdulillah tidak lemot lagi dan sekarang sudah lancar jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, jika artikel ini bermanfaat untuk anda, saya juga merasa senang gan.

      Delete
  2. Wah pas banget nih ketemu artikel yang bahas tentang tweaking PC, kebetulan pc ane lemot. Boleh dicoba dulu nih. Thanks ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja di coba gan, semoga triknya bermanfaat

      Delete
  3. bagi saya yang sering membuat laptop ngelag itu ada banyak sekali aplikasi autorun di startup, solusi di poin dua pada ulasan ini cocok dengan kendala saya atau bahkan pada umumnya pengguna laptop atau komputer desktop kmungkinan kendala terbanyak karena banyaknya aplikasi yang autorun di startup.

    ReplyDelete

Post a Comment