Cara Mudah Perbaiki Puteran Knop Mesin Cuci Rusak (Polytron)


Sekarang semua memang sudah dimudahkan, mencuci yang dulunya di kucek dan di bilas dengan tangan sendiri sekarang sudah di mudahkan dengan adanya mesin cuci.

Mesin cuci yang sekarang pasti rata-rata orang sudah mempunyai nya, namun dari kemudahan yang di suguhkan oleh mesin cuci pastinya ada juga masalah yang timbul, salah satunya yang sangat sering mengalami kerusakan yaitu pada puteran knop mesin cuci khususnya pada merk Polytron. Banyak kasus yang mengeluhkan puteran knop pengurasnya rusak atau tak bisa di putar.

Nah, kali ini saya akan membagikan caranya agar kalian bisa memperbaikinya sendiri dengan mudah, cara yang akan saya bagikan ini adalah sesuai pengalaman saya dan jika kalian sudah mempraktekkan nya, namun belum juga bisa mesin cucinya, kalian bisa panggil saja tukang service untuk memperbaiki nya.

Baiklah berikut inilah cara mudah perbaiki puteran knop mesin cuci rusak (terutama untuk polytron)

1. Cari Masalah Kerusakan nya Terlebih Dahulu


Langkah yang pertama adalah carilah masalah kerusakan nya terlebih dahulu. Biasanya kalau puteran knop nya rusak ada 3 kemungkinan :

- Puteran knop sudah rusak

- Tali pengangkat kuras putus/rusak

- Mesin pemutarnya rusak

2. Memperbaiki Knop Yang Rusak


Pertama kalian bisa melihat pada puteran knop mesin cucinya yang kalian rasa rusak, cobalah untuk mencopotnya dengan mencukilnya secara perlahan, lalu lihatlah apakah gigi dalamnya knop masih bagus atau sudah rusak. Jika sudah rusak, maka gantilah knop nya dengan yang baru atau kalian bisa memindahkannya ke puteran timer kuras, karena biasanya pada puteran tersebut itu ringan, ganti saja yang di timer penguras ke knop mode pencucian.

Langkah kedua ini di lakukan khusus untuk kerusakan pada knop di mode pencucian. Yaitu jika kalian sudah cek knop pemutarnya namun giginya masih bagus, maka cobalah cek pada tali pengurasnya, biasanya talinya itu lepas atau bisa juga putus. Kalau lepas kalian bisa memasangnya kembali, namun jika itu sudah putus kalian bisa menggantinya dengan yang baru.

Cara membukanya gimana?

Caranya dengan membuka baut yang ada di belakang mesin cuci tepatnya yang ada di atas selang pengurasnya, kalian bisa membukanya lalu kalian akan menemukan pembuka/penutup kuras dengan talinya.

Langkah ketiga yaitu jika langkah pertama dan kedua sudah kalian cek dan hasilnya baik-baik saja, maka dapat di simpulkan mesin pemutarnya yang rusak, tempat mesin pemutarnya berada di tepat di bawah puteran knopnya. Cara membukanya dengan mencongkel dengan perlahan pada tutup atas mesin cuci yaitu pada tempat knop semua berada, nanti kalian akan melihat mesin knopnya berada dan kalian bisa menggantinya dengan yang baru. Pada kasus ketiga ini saya sangat menyarankan jangan lakukan sendiri, karena hal ini cukup menyulitkan dan butuh keahlian, saran saya panggilah saja tukang service pada kasus ketiga ini.

Namun, yang saya sering temukan kerusakannya pada mesin cuci saya merk polytron dua tabung adalah pada puteran knopnya yang rusak dan biasanya saya menggantinya dengan yang baru, biasanya saya membelinya online dengan harga sekitar 25.000 - 50.000 / satu knop nya, karena setiap toko harganya berbeda. Saran saya kalau mau lebih murah kalian bisa langsung membelinya di pabrik polytron nya.

Itulah beberapa cara saya dalam memperbaiki puteran knop mesin cuci yang rusak, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment