Cara Mempercepat Ponsel Android Dengan Mudah Dan Cepat


Smartphone kalian pasti sering panas karena di buat bermain game, sosial media, edit - edit gambar maupun video, upload gambar ke sosmed dan masih banyak lagi, dan ketika smartphone kalian terasa panas kalian harus menjaganya agar smartphone tidak cepat panas karena sering bermain.

Akibat dari panasnya smartphone kalian pasti akan berimbas pada kecepatan smartphone kalian, pastinya jika smartphone kalian lelet dan panas kalian tidak mau kan?.

Jujur memang smartphone yang lelet sangat tidak nyaman untuk di gunakan untuk bermain, namun jika smartphone kita sangat fast (cepat) pasti jika bermain game online maupun offline jadi lebih nyaman dan lebih betah berlama-lama dengan smartphone, sama juga dengan kita menggunakan smartphone yang cepat di gunakan untuk bermain sosmed pasti lebih menyenangkan sekali.

Lebih sebel lagi jika smartphone yang kita beli adalah smartphone dengan merek paling bagus di pasaran namun smartphone tersebut malah lelet.

Nah jika anda pengguna smartphone yang sering ponselnya lelet atau pun cepet panas nih ada tips paling jitu.
Cara Mempercepat Ponsel Android Dengan Mudah Dan Cepat:

1. Update OS Android Smartphone Anda


Jika kalian sesudah membeli smartphone di toko pastikan kalian cek statusnya apakah OS ANDROID nya sudah di perbaharui atau belum jika belum anda bisa memperbaharuinya sendiri tanpa susah payah kembali ke toko anda membeli ponsel.

"Bagaimana Caranya Memperbaharui OS Android Sendiri?"

Cara memperbaharui OS Android gampang bro, Caranya:

- Masuk ke Setting atau Pengaturan di Smartphone kalian
- Masuk Ke About Device
- Klik Software Update
- Dan Sentuh Tombol "Check For Updates"

Dan apabila kalian sedang menggunakan smartphone tiba-tiba ada pemberitahuan untuk memperbaharui OS Android, jangan ragu untuk memperbaharuinya karena semua itu akan berdampak lebih baik bagi kinerja smartphone kalian.

Namun jika ada pemberitahuan dari salah satu aplikasi untuk segera memperbaharui, jika kalian ingin memperbaharuinya jangan langsung di perbaharui karena akan berdampak buruk akibat aplikasi yang selalu di perbaharui akan bertambah besar juga ukuran aplikasi tersebut, namun jangan khawatir saya punya tips agar memperbaharui aplikasi jadi lebih efektif yaitu caranya cukup dengan menghapus aplikasi yang ingin kalian perbaharui lalu install lagi aplikasi tersebut.

Namun tidak semua produsen ponsel selalu memperbaharui ponsel keluaran miliknya ada pula smartphone yang bahkan tidak ada pembaruannya, hanya merek-merek smartphone tertentu yang selalu memperbaiki kinerja OS android ponsel keluarannya.

2. Bersihkan Home Screen Yang Ada Pada Smartphone Anda


"Apa itu Home Screen?"

Home Screen adalah layar utama yang seringkali terdapat berbagai pemintas aplikasi yang sering dipakai atau bisa juga yang baru di install.

Jika ingin kinerja android anda bekerja dengan cepat cobalah untuk membersihkan home screen yang ada pada smartphone kalian hapus saja yang sekiranya kalian anggap kurang penting dan yang kalian anggap penting kalian bisa membiarkannya menempel di home screen.

3. Gunakanlah Wallpaper Statis


Lebih baik kalian jangan menggunakan wallpaper yang berbentuk animasi (bergerak) karena akan semakin menghambat kinerja dari smartphone kalian, usahakan memakai wallpaper yang statis atau bisa juga menggunakan wallpaper bawaan dan yang lebih baiknya lagi dari pengalaman saya sendiri lebih menggunakan wallpaper yang warnanya gelap.

4.  Matikan atau Hapus Aplikasi Tak Terpakai Di Smartphone Anda


Apabila kalian sedang bermain ponsel dan menemukan aplikasi yang jarang kalian gunakan lebih baik menghapusnya saja, karena aplikasi tersebut akan membebani kinerja smartphone anda dan membuatnya bekerja lebih lambat.

Jika kalian tidak bisa menghapusnya ada cara lain yaitu dengan mematikan aplikasi tersebut dengan cara:
- Masuk ke Setting
- Masuk ke Pengelola Aplikasi
- Pilih aplikasi yang ingin anda matikan
- Langsung saja klik Disable atau Matikan Aplikasi agar tidak membebani kinerja smartphone.

Dengan begitu aplikasi yang kurang penting dapat di matikan dan kinerja smartphone kalian pun akan lebih cepat dan nyaman untuk di gunakan.

5. Matikan auto-sync Di Smartphone Anda


Banyak orang yang menggunakan smartphone seringkali menghidupkan auto-sync, mereka tidak tahu itu akan berdampak pada kinerja smartphone anda tetapi jika smartphone kalian mempunyai ukuran RAM yang cukup besar tentu itu tidak akan bermasalah.

"Apa Itu Auto-Sync pada Smartphone?"

Auto-Sync yaitu fitur yang berguna agar aplikasi dapat otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu, contohnya yaitu untuk menerima email.

Kenapa banyak orang yang menggunakan auto-sync karena banyak orang yang memasang banyak akun, baik berupa media sosial, email dan lainya. Itu dapat memudahkan mereka dalam menerima kabar dari media sosial ataupun menerima email.

Tapi jika kita mengaktifkan auto-sync itu akan berdampak pada kinerja smartphone yang bekerja semakin lambat, solusinya yaitu dengan mematikan auto-sync pada smartphone kalian.

6. Matikan Animasi Di Smartphone Anda


Cara yang ke enam agar smartphone anda bekerja lebih cepat adalah dengan mengurangi atau mematikan animasi yang ada pada smartphone kalian.

"Bagaimana Cara Mematikan Animasi Di Smartphone?"

Caranya yaitu anda harus menjadi pengembang di smartphone anda bagaimana caranya yaitu:
- Masuk ke Menu Setting
- Masuk ke menu About Phone
- Carilah menu Device Information atau Systems
- Kemudian cari kolom yang menampilkan Build Number.
- Klik Kolom Tersebut Sebanyak 7 kali.
- Jika sudah sudah kalian akan menjadi Pengembang
- Setelah itu kembali ke menu setting nanti akan muncul pilihan Daveloper Option (tepatnya berada di paling bawah nomor dua)
- Masuk ke menu Daveloper Option dan temukan kolom Window animation scale, Transition animation scale, Dan Animation duration scale ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau animation off.

Setelah semua di lakukan pasti kinerja di smartphone kalian jadi lebih cepat dan nyaman di gunakan.

7. Bersihkan Cache Aplikasi Di Smartphone Anda


Aplikasi yang kita install biasanya menyimpan banyak data cache, fungsinya yaitu agar aplikasi tersebut dapat di buka kembali dengan cepat, namun seiring berjalannya waktu dan pemakaian ponsel yang terus-menerus data dalam cache tersebut akan terus bertambah banyak dan akan menghambat kinerja smartphone kalian.

Solusi agar agar kinerja smartphone bekerja lebih baik yaitu dengan menghapus data dalam cache dengan cara:
- Masuk ke Setting
- Masuk ke Pengelola Aplikasi
- Kemudian pilihlah aplikasi yang ingin kalian hapus cache nya.
- Klik Clear Cache.

Dan apabila smartphone anda menggunakan Android 5.0.1 (Lollipop), Anda bisa menggunakan cara:
- Masuk ke Setting
- Masuk ke penyimpanan
- Cari Kolom "Clear Cache"

Dan jika anda ingin yang simple, lebih baik anda menggunakan aplikasi cleaner yang sudah terbukti kemampuannya dalam menghapus sampah yang ada di dalam smartphone yaitu aplikasi Cc cleaner atau Clean Master yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan gratis di Google Play Store.

8. Reset Smartphone Anda


Jika anda ingin hasilnya sangat maksimal anda dapat mereset smartphone anda atau dalam bahasa indonesia "Ubah ke setelan pabrik", cara dapat anda lakukan apabila semua tips yang di sarankan tidak memuaskan dan hasilnya sama saja.

Namun jika kalian ingin mereset smartphone, kalian harus memikirkannya dengan sungguh-sungguh karena ini adalah keputusan yang sulit, karena jika kalian mereset smartphone, data yang ada di dalam smartphone tersebut akan hilang dan tidak dapat kembali lagi.

Saya sarankan jika kalian ingin mereset smartphone, kalian harus backup semua aplikasi yang anda unduh untuk di pindahkan ke kartu sd, lalu catat semua akun email, akun sosial media dan yang lainnya, kemudian pindah semua data yang kalian kira penting, pindah saja ke kartu sd, jika semua sudah anda bisa melepas kartu sd anda dan mulai mereset smartphone anda.

Itulah tips cara mempercepat ponsel android dengan mudah dan cepat, semoga dapat bermanfaat dan semoga anda semua paham.

Related Posts

2 comments

Post a Comment